Dibaca 151 kali

BANDAR LAMPUNG–Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Karang Maritim,Panjang Kota Bandar Lampung,dalam proses belajar mengajarnya selalu mengacu pada program pemerintah, yakni menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Ini sesuai dengan visi misinya yakni, unggul dalam prestasi, trampil, mandiri, dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Sedangkan misinya adalah, pembelajaran didalam maupun diluar kelas menggunakan pendekatan PAIKEM, pembelajaran menggunakan media, pembelajaran dan sumber belajar.melaksanakan kegiatan Ekskul di bidang akademik (OSN)dan seni (seni tari, solo song, pantomim, melukis, membatik, menganyam, cipta puisi), serta bidang olahraga (atletik, karate, silat, bulu tangkis, volli, tenis meja, futsal), pembuatan pupuk kompos dari sampah organik,berdoa dan membaca surat pendek sebelum dan sesudah KBM, dan pembelajaran keagamaan lainya.

Untuk fasilitas fisik yang ada di SDN 1 Karang Maritim dinilai sudah cukup memadai dengan adanya sarana pendukung seperti, mushola, koperasi sekolah, perpustakaan, lapangan upacara merangkap lapangan olahraga, parkir dan lain-lain.

Sekolah yang dibangun tahun 1984 ini baru saja mendapat pemugaran bangunan di tahun ini. Saat ini sekolah memiliki 39 orang tenaga pengajar (18 Honorer) dengan 13 ruang kelas serta 837 orang murid, “Dibagi menjadi 25 rombongan belajar” ujar Kepala SDN 1 Karang Maritim, Riyanto, S.Pd, Selasa (30/03/2021).

Selain pelajaran umum, pihak sekolah juga memberikan pelajaran ekstra kurikuler kepada siswa-siswinya, seperti pramuka, batik sulam, merajut, pencak silat, sepak bola, seni dan tarian daerah, atletik, dan berbagai cabor lainya.

“Selain itu, sekolah juga memberikan ekskul komputer secara gratis bagi siswa kelas V dan VI. Namun karena sekarang dilakukan sekolah secara online, program itu harus tertunda sementara,” urainya.

Ia menyebutkan, sekolah juga mengadakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) guna menumbuhkan minat baca kepada para siswa, “Sebelumnya, kita buat satu jam khusus untuk siswa membaca, bacaanya bisa apa saja, koran, buku, majalah, atau apapun itu yang sifatnya bermanfaat dan mendidik,” tuturnya.

Soal prestasi, nampaknya sudah menjadi langganan sekolah yang beralamat di Jalan Yos Sudarso KM 104 ini. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya piala, baik itu piala yang di dapat dari perlombaan tingkat Kecamatan, Kota, bahkan Provinsi.

Adapun prestasi yang berhasil diraih diantaranya, Juara 1 pencak silat putra/i, Juara 1 Karate putra/i , juara 1 lomba MP MIPA, juara 1 lomba UKS, juara 1 PAI, Juara 1 02SN Badminton, juara 1 lomba MP matematika, juara 1 Bazar Siaga, juara 1MP bahasa inggris, juara 1 MP bahasa indonesia, juara 1 lempar bola putri, juara 1 catur putri serta berbagai prestasi lainya yang jumlahnya ratusan piala.

“Tiap tahun perlombaan, kita selalu juara umum, ratusan piala berhasil dibawa pulang anak-anak ke sekolah, bagi saya tidak penting juara berapa, yang penting adalah anak-anak pulang membawa kebanggaan, sehingga memotivasi anak yang lain untuk ikut berprestasi,” ucap Riyanto.

Dalam memotivasi kerja guru, sebut Riyanto, dirinya menekankan semangat, disiplin, jujur dan transparan.

“Yang jelas kita menekankan agar dalam mengajar menerapkan semua itu, dan dijadikan motto dalam mengajar,”tukas dia.(red02)