LAMPUNG (NUSANTARA-ONLINE.ID),-Seekor buaya air asin diperkirakan panjang 3,5 meter sempat terjaring oleh nelayan payang di area pantai Saumil Pekon Karang Anyar Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus,Baru baru ini.

Beruntung buaya sebesar batang pohon kelapa tersebut tidak melukai nelayan, sebab setelah jaring ditarik ke daratan buaya tersebut lepas berhasil menjebol jaring dan keluar dengan sendirinya langsung masuk ke perairan.

Video terjaringnya buaya ini sempat diabadikan oleh kamera handhphone warga berdurasi 45 detik, dimulai tarikan jaring didaratan pasir pinggir pantai hingga beberapa detik buaya masih bergerak-gerak hendak meloloskan diri.

Eneng Buaya, edan gedene. Buset,” terdengar dalam video tersebut.

Buaya tersebut terus meronta-ronta di dalam jaring, hingga klimaknya pada detik ke 27 akhirnya buaya bisa menjebol jaring mengeluarkan kepalanya dan berlari ke perairan hingga hilang ditelan ombak.

Berdasarkan keterangan Zainal selaku pemilik jaring, bahwa buaya masuk ke jaringnya pada Kamis, 22 April 2021 dan ditarik beramai-ramai sehingga sampe ke pinggir, tapi jaring jebol sehingga terlepas.

“Buaya masuk jaring, ditarik rame-rame sampe ke darat. Cuman jaringnya jebol dan buayanya lepas lagi ke laut,” kata Zainal di sela pekerjaannya,Seperti dikutip mediasiber.co.id,Sabtu (24/4/21).

Ia mengaku bahwa buaya masuk ke jaringnya baru satu kali, namun yang lain memang sering. cuma buaya langsung masuk ke laut, Atas hal itu ia diantara merasa takut namun harus tetap bekerja.

“Takut ya takut. Cuma mau bagaimana memang pekerjaan kami ini sehingga tetap menjaring ikan,”ujarnya

Sementara itu,Nelayan lainnya Tarmono mengungkapkan bahwa buaya masuk jaring nelayan dengan panjang sekitar 4 meter. “Sekitar 4 meteran buayanya di pantai saumil,” ungkapnya.

Tarmono mengatakan bahwa sebelumbya juga serangan buaya sudah beberapa kali terjadi terhadap nelayan, bahkan akhirnya nelayan pencari rebon atau ebi atau udang kecil berhenti total.

“Sekarang masyarakat disini di pantai saumil yang mencari rebon/ebi akhirnya ya bisa dikatakan mati total/lumpuh karena takut diserang buaya,” tandasnya.(si/ms)