Nusantara-online.id,-Lampung Selatan–Pasca kejadian kecelakaan kerja yang dialami Idris (40), warga Dusun Suka Bandung, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan (Lamsel), Sabtu (19/06/2021) lalu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat menegaskan akan memantau dan menyelidiki dugaan kelalaian yang dilakukan pihak perusahaan.

“Saat kejadian kita langsung ke lokasi, namun lebih fokus kepada kepengurusan korban kecelakaan kerja,” ujar Kadisnaker Lamsel, Anas Ashori, M.Si, Kamis (24/06).

Dikatakannya, langkah yang diambil Disnakertrans selanjutnya adalah dengan menguji kelayakan sistem Management Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) perusahaan sebagai bahan laporan ke Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Lampung.

“Disnakertrans Lamsel sifatnya hanya memonitor dan menyelidiki dugaan kelalaian perusahaan saja. Jika nantinya kedapatan ada keteledoran dalam sistem K3 perusahaan akan kita laporkan ke Disnaker Provinsi Lampung,” urainya.

Tidak hanya itu, Anas mengaku Disnakertrans terus menginventarisir perusahaan mana saja yang memang sering melakukan kelalaian K3 di Lamsel. Nantinya, perusahaan-perusahaan itu akan dilaporkan ke pengawas ketenagakerjaan.

Meski demikian, ia menyebut bukan berarti Disnakertrans Lamsel mengambil kebijakan terhadap perusahaan yang ada tindak kesalahannya.

“Kita hanya minta dapat menjadi fokus perhatian dari perusahaan agar kelalaian tak terjadi,” ucapnya lagi.

Anas menegaskan, perusahaan harus benar-benar memperhatikan sistem K3. Sebab, kata dia, perusahaan bisa dipidana jika terbukti melakukan kelalaian yang berujung pada hilangnya nyawa pekerja.

“Kita minta jadi perhatian perusahaan masalah K3 ini, sebab jika perusahaan terbukti melakukan kelalaian maka dapat dikenakan sanksi sesuai pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja,” kata Anas mengakhiri.

Terpisah, dihubungi via ponselnya,San Quang Direktur Utama PT San Xiong Steel,Akwang mengatakan pihak perusahaan akan bertanggung jawab atas musibah yang dialami Idris, “Kita bertanggung jawab sampai selesai,” jawabnya singkat.(red002)