Metro,nusantara-online.id_Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memastikan harga dan ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako) aman hingga lebaran Idul fitri 1443 Hijriah.

Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin, mengatakan setelah melakukan monitoring ke Pasar Margorejo dan Pasar Kopindo diketahui ketersediaannya terbilang aman.

“Untuk ketersediaan barang stabil dan bisa beberapa harganya juga tidak terjadi peningkatan secara fluktuatif,” kata Wahdi, Kamis, 28 April 2022.

Dia menjelaskan, kenaikan beberapa bahan pokok tersebut merupakan suatu kewajaran menjelang hari besar keagamaan. “Kenaikannya masih wajar, tidak fluktuatif atau tidak tiba-tiba tinggi,” ujarnya.

Kendati demikian, dalam monitoring itu dia menilai ada beberapa catatan yang perlu dikembangkan.

“Hampir seluruh kue yang dijual di pasaran itu produksi lokal, bukan dari daerah luar. Jika itu bisa dikembangkan untuk mendukung program Metro Bangga Beli (MB2),” lanjutnya.

Sebab, lanjutnya, pasar DKI Jakarta itu 40 persen berasal dari Lampung. Sehingga, Lampung bisa disebut sebagai penyuplai beberapa bahan pokok di daerah lain.

“Kalau dilihat di aplikasi nasional, harga daging ayam, sapi, dan telur di Lampung justru lebih murah. Mungkin itu yang membuat mereka berbelanja kebutuhan pokok di Lampung,” ungkapnya.(Ran)