TASIKMALAYA,Nusantara-online.id – Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto bersama Ketua DWP Yani Thamrin serta jajaran Pengurus DWP Lampung Selatan melakukan Kunjungan Kaji Tiru ke Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, Senin (22/08/2022).

Bertempat di Pendopo Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, kunjungan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Tasikmalaya Dr. H. Muhammad Zen beserta Ketua dan Pengurus DWP Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, Dr. H. Muhammad Zen menyampaikan terimakasih kepada DWP Lampung Selatan yang telah datang berkunjung dan memilih Kabupaten Tasikmalaya sebagai tempat kunjungan kaji tiru. Dirinya menjelaskan, Kabupaten Tasikmalaya memiliki 39 kecamatan dan 351 Desa dengan jumlah pendudukan sebanyak 1.8 juta Jiwa.

Dr. H. Muhammad Zen juga menambahkan, Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki potensi Wisata serta Sumberdaya alam yang menarik membuat Konsultan Kerajaan Roman yang pernah berkunjung serta tertarik untuk berinvestasi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tasikmalaya Hj. Emma Amalia, M.Pd dalam sambutannya menyambut baik kedatangan DWP Kabupaten Lampung Selatan serta mengucapkan terimakasih telah memilih Kabupaten Tasikmalaya sebagai lokasi Kaji Tiru.

Emma menjelaskan, rombongan Kaji Tiru DWP Kabupaten Lampung Selatan akan mengunjungi salah satu objek wisata unggulan yang bernama Kampung Naga. Kampung Naga adalah suatu tempat yang dimana penduduknya sangat taat dalam menjaga budaya serta adat istiadat dari leluhur.

” Sangat tepat rombongan semua berkunjung ke Kampung Naga, itu adalah obyek wisata unggulan kami yang viral karena warganya yang sangat taat dalam menjaga adat istiadat dan budaya dari leluhurnya,” jelasnya.

Dirinya juga memaparkan bahwasannya di Kampung Naga tersebut terdapat 113 rumah yang diisi oleh 110 keluarga dimana 3 rumah diantaranya dijadikan masjid, lumbung padi dan tempat pertemuan serta bangunan yang sejak dulu jumlahnya tidak boleh bertambah yang menjadi adat mereka.

” Karena kearifan lokalnya, warga disana ramah, mandiri dan kuat dalam gotong royong nya, serta kukuh mempertahankan adat leluhurnya hingga listrik pun tidak ada disana,”paparnya.

Semantara, Winarni selaku Penasehat Dharma Wanita Persatuan Lampung Selatan menyampaikan, selain berkunjung dan bersilaturahmi, pihak DWP Lampung Selatan juga ingin menambah wawasan dan berbagi pengalaman dengan DWP Tasikmalaya tentang objek wisata yang terkelola dengan baik dan sektor UMKM dan IKM yang maju.

” Kami hadir untuk bersilaturahmi sekaligus ingin menambah wawasan tentang mengelola objek wisata dan UMKM serta IKM agar lebih baik dan maju,”ungkap Winarni.

Wirnarni juga menjelaskan, kunjunganya bersama jajaran ke Kampung Naga tidak lain untuk mempelajari apa yang menjadi kiat dan strategi Pemerintah dalam mengelola objek Wisata dengan kearifan lokal tersebut menjadi wisata unggulan di Kabupaten.

“Kami juga berharap dengan adanya kunjungan ini dapat memberikan kiat dan semangat positif untuk mengembalikan kepercayaan para pelaku UMKM dan IKM yang ada di lampung selatan dengan meniru apa yang dilakukan UMKM Tasikmalaya yang bisa berkembang Pesat di tengah situasi pendemi Covid,” pungkasnya. (kmf)