Nusantara-online.id – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) H. M. Yusuf Kalla dijadwalkan membuka acara Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR ke-IX tingkat nasional tahun 2023 di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan pada 4 Juli 2023 mendatang.

Hal itu terungkap dalam rapat persiapan pembukaan Jumbara yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan di Sekretariat Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (20/6/2023).

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Lampung Selatan, Eka Riantinawati mengatakan, kegiatan Jumbara akan dibuka langsung oleh Ketua Umum PMI Pusat.

“Kegiatan Jumbara yang berlangsung pada tanggal 2-10 Juli mendatang nanti akan dibuka oleh bapak Yusuf Kalla pada tanggal 4 Juli 2023,” ujar Eka dalam rapat tersebut.

Eka juga menyampaikan, pada saat pembukaan Jumbara tersebut nantinya akan dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni budaya serta tarian tradisional Lampung.

Beberapa diantaranya ada tari Sigeh Penguten, Tari Kolosal Lampung Selatan Ku, dan Tupping. 

“Ada juga penampilan dari Farel Prayoga penyanyi cilik yang pernah bernyanyi di istana pada upacara 17 Agustus tahun lalu,” ungkap Eka Riantinawati.

Sementara, Ketua PMI Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto  berharap, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bisa turut mendukung penuh dan mempersiapkan kebutuhan kegiatan Jumbara tersebut.

“Saya berharap pemerintah daerah bisa mempersiapkan dan mendukung serta menyukseskan kegiatan Jumbara ini,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin miminta agar semua organisasi perangkat daerah terkait harus berkomitmen dan telibat dalam kegiatan Jumbara tingkat nasional tersebut.

“Sebagai tuan rumah, kita harus berkomitmen untuk menyukseskan acara ini dengan benar-benar menjalankan tugas dan tupoksi kita masing masing,” tegas Thamrin.

Thamrin juga meminta agar semua kebutuhan yang diperlukan dalam kegiatan Jumbara dapat dipersiapkan dengan maksimal.

“Demi suksesnya acara ini, kita bersama-sama dengan penuh rasa tanggungjawab mempersiapkan demi suksesnya acara Jumbara ini,” imbuh Thamrin. (Nsy)