Lampung Selatan, -Pada tanggal 31 Agustus 2023 akan dilaksanakan Pilkades serentak se kabupaten Lampung Selatan ada 42 desa dari 13 Kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades dengan melibatkan 138 calon kades. Salah satunya yang akan melaksanakan Pilkades adalah Desa Rangai Tritunggal Kecamatan Ketibung.

Sebagai masyarakat Rangai Tritunggal meskipun saat ini berdomisili di Bandar Lampung masih menaruh perhatian agar masyarakat Rangai Tritunggal dapat memilih kepala desa dengan cara rasional dan cerdas.”Kata Aminudin,.Sp dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Nusantara Sabtu malam (26/08).

” Masyarakat diharapkan dapat memilih kepala desa yang amanah dan jadi suritauladan di masyarakat.

Menurut pria yang menekuni dunia Jurnalis ini, tentu ada selaksa harapan yang diinginkan warga desa dengan adanya pemilihan ini, semoga bisa terpilih pimpinan yang lebih baik, yang bisa memimpin desa untuk bisa lebih maju, lebih modern dan banyak keinginan yang lain.

Tetapi bisakah harapan itu terwujud, ketika proses yang dilalui masih belum sesuai harapan, yaitu pelaksanaan demokrasi yang berdasarkan hati nurani, pemilihan yang bersih belum sepenuhnya diwujudkan.

Menurut Pria yang akrab disapa Amiekancil ini, ada beberapa kreteria yang wajib menjadi pertimbnagan masyarakat Rangai Tritunggal dalam memilih kades diantaranya:

  1. Orang yang benar, artinya pemimpin yang kita harapkan adalah orang yang benar-benar baik, karakter(akhlaknya), jujur, yang bersih, mempunyai sifat-sifat terpuji yang memang harus dimiliki sebagai seorang pemimpin. Ini adalah modal yang sangat penting bagi colon pemimpin dan pemimpin yang sedang menjadi pucuk pimpinan. Pertimbangkan latar belakang calon kades yang akan dipilih, hindari memilih calon yang latar belakangnya kurang baik. Termasuk latar belakang keluarganya.
  2. Pinter/ Pandai, dan cerdas adalah salah satu syarat yang harus dimiliki bagi pemimpin dan calon pemimpin, mengapa kecerdasan penting, karena banyak masalah yang akan dihadapi seorang pemimpin yang harus segera dicarikan solusi, banyak hambatan dan tantangan yang akan menghalangi kinerja pemimpin, sehingga pemimpin haruslah orang yang mempunyai kecerdasan intelektual (IQ) dan juga kecerdasan emosional (EQ) lebih-lebih kecerdasan spiritual (SQ). bila ketiga kecerdasan ini ada pada seorang pemimpin seperti kepala Desa, insya Alloh desa akan maju. Pilih kepala desa yang mempunyai motivasi dan semangat dalam membangun desa. Masyarakat harus bisa memastikan jika calon tidak hanya semangat karena adanya anggaran dana desa yang cukup besar.
  3. Ada waktu artinya pemimpin adalah orang yang mempunyai waktu untuk bisa menjalankan roda pemerintahan, orang yang mempunyai waktu untuk menjenguk warganya yang sakit, pemimpin dalam hal ini kepala desa adalah orang yang bisa menyediakan waktu untuk mendengar keluh kesah warganya. Memiliki kesempatan untuk menerima aspirasi dan masukan dari masyarakatnya.

Insya Alloh kalau kepala desa yang terpilih bisa memiliki hal diatas, harapanya desa bisa maju dan bermartabat. Warga juga merasa dihargai dan diterima aspirasinya. Semoga yang terpilih itu yang terbaik. (FH)