Nusantara-online.id,- Polres Lampung Selatan menerjunkan sebanyak 1.222 personel gabungan untuk mengamankan tahap pemungutan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) gelombang II tahun 2023 di 42 desa di Kabupaten Lampung Selatan.

Personel yang tediri dari jajaran Polres Lampung Selatan, Kodim 0421/LS, Sat Brimob Polda Lampung, SatPol PP dan Linmas itu akan digeser ke 42 TPS yang tersebar di 13 kecamatan guna mengamankan pemungutan suara yang akan digelar, Kamis 31 Agustus 2023 besok.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin mengatakan, dalam dalam rangka mengamankan tahap pemungutan suara Pilkades serentak tahun 2023 di Kabupaten Lampung Selatan, Polres Lampung Selatan memberangkatkan sebanyak 1.222 personel gabungan.

“Pagi ini, mulai hari ini, seluruh personel yang akan melaksanakan Pam TPS sudah bergeser ke titik atau lokasi pengamanan,” ujar AKBP Yusriandi Yusrin saat memimpin apel pergeseran pasukan yang digelar di Lapangan Korpri, Kalianda, Rabu (30/8/2023).

Lebih lanjut AKBP Yusriandi Yusrin menyampaikan, pelaksanaan Pilkades serentak gelombang II tahun 2023 di Kabupaten Lampung Selatan diikuti sebanyak 138 calon kepala desa dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 105.306 orang.

Sementara jumlah personel gabungan yang akan mengamankan terdiri dari jajaran Polres Lampung Selatan 399 personel, Kodim 0421/LS 96 personel, Sat Brimob Polda Lampung 93 personel, Satpol PP 107 personel dan Linmas 434 personel.

“Serta 93 personel gabungan dari Polresta Bandar Lampung, Polres Lampung Timur, Polres Pesawaran yang akan standby di Polsek perbatasan Lampung Selatan,” kata Yusriandi Yusrin.

AKBP Yusriandi Yusrin berharap, personel gabungan yang ditugaskan tersebut dapat melaksanakan tugas dengan optimal dalam mengamankan pelaksanaan pemungutan suara di 42 TPS yang tersebsar di 13 kecamatan, pada Kamis, 31 Agustus 2023 besok.

“Ploting penempatan personel yang akan mengamankan TPS pada pemilihan kepala desa ini sudah sesuai dengan pola pengamanan berdasarkan tingkat kerawanan di masing-masing TPS. Rangkul semua elemen masyarakat, yakinkan kita siap mengawal dan mengamankan Pilkades serentak gelombang II tahun 2023 ini,” kata AKBP Yusriandi Yusrin menegaskan.

Sementara itu, dari pantauan Dinas Kominfo Lampung Selatan, hadir juga dalam apel pergeseran pasukan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin, Kajari Lampung Selatan Dwi Astuti Beniyati.

Turut hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin beserta sejumlah pejabat utama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan. (DUL)