Nusantara-online.id— Sebagai orang tua jangan pernah mengeluarkan kalimat di hadapan anak “Tidak Punya Biaya Untuk Sekolah” Kalimat tersebut akan menyakitkan hati dan perasaan sebagi anak yang ingin menempuh ke jenjeng pendidikan lebih tinggi.

Hal tersebut disampaikan Ketua komisi I DPRD Lampung Selatan dari Fraksi Gerindra Dwi Riyanto di hadapan para wali murid saat memberikan motivasi dalam kegiatan p

Parenting yang dipusatkan di SD Negeri 1 Triharjo Kecamatan Merbau Mataram, Jum,at (8/9/2023)

Kegiatan dengan tema “Partipasi Masyarakat Dalam Dunia Pendidikan” digagas oleh tokoh masyarakat sekaligus komite sekolah Baryadi, turut hadir para pegiat pendidikan, aparatur desa, pegiat perempuan, dan warga dan para peserta yang memiliki anak usia sekolah.

Dikatakan banyak kemudahan dan program beasiswa yang bisa didapatkan oleh anak untuk sampai ke jenjang perguruan tinggi.

“Sebagai orang tua harus memiliki kemauan dan mendorong anaknya untuk menuntut ilmu, banyak jalan yang akan didapatkan jika ada kemauan.”kata Dewan Gerindra yang berjuluk Konco Yasinan itu.

Dijelaskan dalam Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja.

“Masyarakat juga memiliki peran serta dalam dunia pendidikan, baik melalui perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, maupun organisasi kemasyarakatan, maka sebagai orang tua orang harus memberikan dukungan terhadap anak untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi.

“Meski pemerintah memberikan fasilitas kuliah gratis melalui program Beasiswa tapi tidak ada dukungan orang tua terhadap anak, ya sama saja, maka sebagai orang tua jangan menyurutkan semangat anak dalam menempuh pendidikan.”kata Anggota Dewan dari Dapil 6 yang meliputi Tanjung Bintang, Tanjung Sari, dan Merbau Mataram itu .

Dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Lampung Selatan dari partai besutan Prabowo Subianto itu menceritakan sedikit pengalamannya.

“Saya merupakan anak dari kelangan keluarga kurang mampu, Alhamdulillah bisa kuliah melalui program beasiswa. Tentunya ini semau berkat kemauan dan tak lepas dorongan orang tua dan keluarga. Meski harus mengayuh sepeda ber puluh puluh kilometer dari Tanjung Bintang ke Unila untuk mendapatkan ilmu.

“Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini menjadi motivasi anak-anak dan para orang tua untuk memberikan dorongan dan semangat kepada anak-anaknya agar terus menuntut ilmu pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.”pungkas Dewan Gerindra yang berjuluk Konco Yasinan itu. (Red)