Nusantara-online.id,— Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, selain menjalankan fungsi, tugas dan wewenangnya, DPRD juga melaksanakan tugas dan wewenang lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yaitu melakukan sosialisasi terkait pembinaan ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Seperti halnya dilakukan oleh Ketua Komisi III DPRD Lampung Selatan dari Fraksi PDI-Perjuangan Rosdiana yang dipusatkan di Dusun 3 Blok 9 Desa Jatimulyo Kecamatan Jatiagung, Selasa (17/10/2023)

Untuk itu mari bersama-sama memberikan informasi yang edukatif, jangan sebaliknya, yang akan memecah belah keutuhan NKRI. Sebagai warga negara yang baik tidak mudah terpengaruh dengan budaya yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila.

“Wawasan Kebangsaan dan sikap nasionalisme harus benar-benar di tanamkan agar memiliki cara pandang berpolitik yang baik,”kata Ketau komisi III DPRD Lampung Selatan itu.

Menurut Legeslatif Dapil V Jatiagung itu, Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan sangat penting disosialisasikan dan ditanamkan kepada masyarakat dan para generasi muda.

“Jika tidak dimulai sejak dini, kedepannya para penerus bangsa tersebut tidak mengerti dasar negara Indonesia, Ada 4 Pilar yang menjadi dasar negara dan wajib diketahui oleh para generasi muda serta seluruh warga Indonesia. Diantaranya Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” ujar Mami Ros sapaan akrabnya itu.

Dikatakan Pemahaman terhadap Pancasila dan Wawasan Kebangsaan saat ini, sangat penting apalagi saat ini sering terjadi aktifitas permasalahan sosial yang mengarah kepada potensi konflik, intoleransi dan lunturnya jiwa kebangsaan, sehingga menjadi keprihatinan pemerintah dan DPRD.

“Wawasan kebangsaan juga berhubungan dengan bagaimana suatu bangsa mengelola kondisi geografis negara, sejarah, ekonomi, politik, dan pertahanan dalam mencapai cita-cita yang menjamin kepentingan nasional.”kata dia.

Kegiatan sosialisasi pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini merupakan tindaklanjut hasil rapat Bamus.

“Saya selaku anggota DPRD Fraksi PDI-Perjuangan, berkewajiban melakukan penguatan ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan kepada masyarakat,”imbuhnya.

Diketahui kegiatan sosialisasi IPWK yang dipusatkan di Dusun 3 Blok 9 Desa setempat itu dihadiri Kepala Desa Sumardi dan sejumlah perangkat desa serta tokoh agama, tokoh masyarakat,tokoh pemuda dan para tamu undangan. (Red)