Way Kanan, Nusantara-online.id,-Jelang Pemilu 2024, Personil Polres Way Kanan dengan dipimpin oleh Kapolres Way Kanan, AKBP Pratomo Widodo, menggelar Simulasi Sistem Keamanan Pemilu Kota (Sispamkota) Ops Mantap Brata 2023 di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan,Kecamatan Blambagan Umpu, pada Hari Selasa, 17 Oktober 2023.

Dalam simulasi ini, hadir Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan,S.H dan anggota KPU Way Kanan, Wakil Bupati Way Kanan Ali Rahman,M.T, Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo , Dandim 0427, Ketua Bawaslu Way Kanan Sukindra ,Kejaksaan,Kemenag,Camat Se-Kabupaten Way Kanan dan instansi pemda terkait.

Simulasi ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024, khususnya di Kabupaten Way Kanan.

Simulasi Sispamkota Ops Mantap Brata 2023 melibatkan berbagai tahapan, dimulai dari kondisi awal yang tenang hingga situasi yang memuncak pada tindakan anarkis. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa aparat keamanan siap menghadapi berbagai kemungkinan dan dapat merespons dengan cepat, tanggap dan tepat.

Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan,S.H mengatakan Seperti banyak daerah lainnya, memiliki potensi kerawanan dalam pelaksanaan pemilu, dengan adanya Simulasi ini kita bisa tau sedikit gambaran jika suatu hal tidak diingikan terjadi, saya (refki) berharap pemilu di kabupaten way kanan dapat berjalan dengan sukses dan selamat.

Kapolres Way Kanan, AKBP Pratomo Widodo,menekankan pentingnya simulasi ini sebagai bukti komitmen negara dalam menjamin keamanan pelaksanaan Pemilu 2024. Kabupaten Way Kanan.

Alhamdulilah kegiatan Sispamkota ini berjalan dengan lancar sesuai prosedur didukung dengan Kodim 0427 Way Kanan dan pemerintah daerah Kabupaten Way Kanan.

Kapolres berharap mudah mudahan ini menjadi latihan bagi kami Polri dan TNI untuk memberikan gambaran dan pedoman bagi personel tentang bagaimana cara bertindak, mengamankan serta melindungi saat situasi kontinjensi yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Wakil Bupati Ali Rahman,M.T menyampaikan Dengan dilaksanakannya simulasi Sispamkota, Kepolisian Resor Way Kanan bersama dengan seluruh instansi terkait terus berupaya memastikan bahwa Pemilu 2024 di Kabupaten Way Kanan dapat berjalan dengan aman, damai, dan tertib. Semua elemen masyarakat diharapkan dapat mendukung upaya-upaya ini agar proses demokrasi berjalan dengan baik, tanpa ada gangguan yang merugikan keamanan dan ketertiban. (Feri)