Bandar Lampung,-Bangunan SD Negeri 1 Campang Raya,Kecamatan Suka Bumi,Kota Bandar Lampung,Nampak tidak terawat.

Dari pantauan awak media gedung sekolah ini sangat tidak terurus terlihat beberapa plapon  bangunan banyak yang lapuk karena dimakan usia.

Saat media ini mencoba konfirmasi PLT sekolah SD Negeri 1 Campang Raya tidak ada di ruangannya beberapa guru honor sekolah tersebut mengatakan PLT sedang ada rapat di dinas.

“PLT dari pagi tidak kesekolah pak,bilangnya sih menghadiri rapat di dinas pak mungkin selesainya siang”.ujar beberapa guru honor,Kamis (30/11/2023).

Ditanya terkait gedung banyak yang rusak dan tidak ada perbaikan beberapa guru honor ini menjelaskan bahwa sudah sering kali mengajukan dari tahun 2019 namun tidak kunjung ada perbaikan atau pun tanggapan dari pihak dinas.

“Iya kami juga tidak tahu pak,tapi sebelumnya yang kami tahu sudah pernah di ajukan terkait bangunan ini tapi sampai saat ini tidak ada tanggapan apa lagi perbaikan dari pihak dinas bahkan dari kepala sekolah yang lama”.ucap guru guru honor ini.

Dikonfirmasi Terpisah,LSM Pembina Rakyat Lampung (PRL) Nizar menangapi keterangan beberapa guru sekolah terkait hal tersebut bahwa pihak sekolah harusnya cepat dalam mengajukan perehapan gedung sekolah khususnya SD Negeri 1 Campang Raya terhadap pemerintah melalui dana DAK sesuai anggaran dana DAK untuk Sekolah Dasar di pandang mencukupi dengan prosedur yang ada,bukan malah di biarkan seperti ini”.Kata Nizar,usai turun kelokasi.

“Jadi ada dugaaan pembiaran,terkait SD Negeri 1 Campang Raya,karena bangunan terlihat rusak parah bisa membahayakan belajar mengajar kalau tidak cepat diperbaiki.”timpalnya.

Sementara itu,Sambung Nizar kenapa masih ada wajah sekolah di Bandar Lampung seperti ini,ini kemana anggaran dana perehaban sekolah.karena bisa kita lihat kondisi sekolah ini banyak yang rusak.dan ini bisa membahayakan.

“Harusnya,pihak sekolah (PLT) dan pihak dinas cepat merespon.jangan acuh,karena pendidikan penting diperhatikan.”tegas Nizar.

Sayangnya sampai berita ini diturunkan PLT Kepala Sekolah SD Negeri 1 Campang Raya belum memberikan tanggapan secara resmi terkait dana anggaran perehaban sekolah tersebut.(FH).