Bandar Lampung,-SD Negeri 1 Campang Raya,Kecamatan Sukabumi,Kota Bandar Lampung,Diduga melanggar keterbukaan Informasi publik.

Pasalnya,Juklak Dan Juknis pengunaan dana Bantuan operasional Sekolah tersebut pun tidak dipasang.menandakan pengunaan dana bos tidak transparan.”Kata Salah Satu LSM Pembinaan Rakyat Lampung (PRL) Nizar Saat Turun Kelokasi,Senin (4/12/2023).

Mirisnya lagi,sambung Nizar bila dilihat bangunan sekolah banyak yang rusak,rumput sekolah pun sampai tinggi,jadi kemana dana perawatan setiap tahunnya,”pungkas Nizar.

Menurut keterangan selaku operator sekolah,Yuni Pransiksa terkait pengunaan dana operasional sekolah (BOS) SDN 1 Campang Raya,dirinya (Yuni) tidak mengetahui.

“Kalau saya jadi operator baru pak,terkait juklak dan juknis pengunaan dana BOS saya tidak mengetahui.tugas saya hanya diperintah menginput data,disuruh input saya input.”kata dia.

Yuni juga menerangkan,Data Siswa-siswi ada sekira 650 orang untuk tahun 2023 ini.terkait soal pengunaan dana BOS dirinya (Yuni) kurang tau,coba nanti temui saja PLT pak Andirsond,”kilah dia.

Sementara itu,Salah satu guru kesiswaan,Yulistina,.S.Pd. mengaku Juklak dan Juknis pengunaan dana Operasional Sekolah (BOS) ada terpasang.

paktanya saat media mengkroscek ruang belakang tidak ada terpasang.

“Ada pak terpasang,diruang belakang,”ucap Yulistina seraya sambil meninggalkan Wartawan.

Disinggung terkait Bangunan sekolah banyak rusak,Yulistina,.S.Pd tidak mengetahui soal anggaran perawatan sekolah.karena menurut Yulistina pak Andirsond baru jadi PLT.

“Sebelumnya,sambung Yulistina yang menjabat kepala sekolah dulu yaitu pak Takmil namun dirinya (Pak Takmil) sudah pensiun.kemudian diganti dengan Ibu Meli dan pak Andirsond ini baru jadi PLT.”terang dia.

Terkait pengunaan Dana Bos Dll,saya kurang paham.saya cuman guru biasa.kalau mau bertemu pak Andirsond gimana pak ya saya enggak enak,ini aja disms dia enggak balas,”kelitnya lagi.

Sementara itu,PLT Kepala Sekolah SDN 1 Campang Raya,Andirsond beberapa kali ditemui sejumlah media,namun alasan para guru dan operator sedang sibuk dan lagi ada acara.(Feki/Hen).