Nusantara-online.id,– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Gebyar Kelompok Wanita Tani (KWT) Bersama Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan di Desa Way Gelam, Kecamatan Candipuro, Kamis (11/1/2023).

Gebyar KWT yang mengusung tema “Kebunku Sumber Giziku” ini diselenggarakan guna meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya pemanfaatan kebun sebagai sumber gizi keluarga.

Duta Swasembada Gizi yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto menyampaikan, KWT merupakan salah satu bentuk pemberdayaan perempuan dan wadah untuk saling bertukar pengetahuan dan wawasan pertanian.

Sesuai dengan tema Gebyar KWT, Winarni menekankan pentingnya menjaga kebun sebagai aset utama untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Oleh karena itu, dirinya berpesan untuk memanfaatkan kebun secara optimal.

“Kita manfaatkan lahan pekarangan menjadi lahan yang produktif dan menghasilkan. Nah, jadi ibu-ibu bisa memasak sayur dan makan buah tanpa harus beli di pasar, kalau hasilnya lebih bisa dijual. Ini juga akan berdampak terhadap kenaikan pendapatan ekonomi keluarga,” ujar Winarni.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Bibit Purwanto mengungkapkan, Kabupaten Lampung Selatan saat ini memiliki Binaan KWT sebanyak 349 KWT yang tersebar di 17 Kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan.

Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, Saat sesi Penanaman Sayuran Bersama Dalam Acara Gebyar KWT di Kecamatan Candipuro.

Untuk Kecamatan Candipuro terdapat total 35 KWT dengan 22 KWT yang telah teregistrasi secara resmi. Kemudian, beberapa diantaranya juga telah bertanam sayuran secara organik.

“KWT Srikandi juga sudah mempunyai klinik Agensia Pengendali Hayati (APH).  Bu Anirah dari kelompok Mawar Bodas Desa Bumi Jaya setiap hari Selasa juga menjual sayuran organik ke beberapa OPD, serta ikut bazar setiap ada even bazar di Lingkungan Pemda Lampung Selatan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu juga turut dilakukan sesi penanaman dan memanen sayuran bersama dengan Duta Swasembada Gizi. Hal ini menunjukkan dukungan pemerintah terhadap gerakan kemandirian pangan dalam mewujudkan ketahanan pangan daerah.

Terdapat juga edukasi tentang penyakit kanker anak oleh Lions Club serta pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis oleh UPTD. Kesehatan Kecamatan Candipuro. (ptm)