Nusantara-online.id,– Polres Lampung Selatan menggelar rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka kesiapan pengamanan libur panjang peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan Hari Raya Imlek 2024, serta pelaksanaan SKB Kementrian Perhubungan.

Rakor yang diikuti jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dan stakeholder terkait lainnya digelar di Aula GWL Polres Lampung Selatan, Senin (5/2/2024).

Pertemuan tersebut menjadi wadah guna mempersiapkan kerja sama antara Polres Lampung Selatan dan juga para stakeholder terkait dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat pengguna transportasi umum saat libur panjang.

Kepala Polres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin menyampaikan, penjagaan kali ini akan difokuskan pada Pelabuhan Bakauheni, Bandara Radin Inten, dan juga beberapa titik pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan.

Oleh karena itu, AKBP Yusrni meminta kepada para pemangku kepentingan untuk merapatkan barisan dalam mengamankan kegiatan masyarakat yang ingin berlibur di Kabupaten Lampung Selatan.

“Dari wilayah prioritas itu kita membutuhkan upaya yang tepat untuk mencegah penumpukan arus di jalanan,” ujarnya.

AKBP Yusrin menambahkan, dalam antisipasi terjadinya kelonjakan pengguna jalan, perlu adanya pola khusus dengan mengaktifkan titik-titik arteri dan juga penyediaan rest area.

“Kami berharap, kerja sama yang baik dapat dilaksanakan. Sehingga kenyamanan dan keamanan masyarakat dapat dijamin,” sambungnya.

General Manager ASDP, Rudi Sunarko mengatakan, jika pihaknya akan mendukung dan melakukan monitoring terhadap pergerakan kendaraan yang terjadi di kawasan pelabuhan.

“Kami siap mendukung. Nanti, kita hanya perlu menjalankan  koordinasi dengan pola komunikasi yang harus ditingkatkan lagi antar stakeholdernya, supaya lebih maksimal,” kata Rudi Sunarko.

Dukungan itu juga hadir dari Ketua Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Lampung,  Bambang Siswoyo yang mengaungkan kesiapannya dalam menjaga dan memantau arus kendaraan selama liburan. (Abd)