Nusantara-online.id, – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan menggelar pelatihan water rescue di Pantai Kalianda Beach, Kalianda, Rabu (6/3/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan guna meningkatkan skill (keterampilan) tim penyelamatan di Kabupaten Lampung Selatan itu, diikuti oleh anggota Dinas Damkar dan Penyelamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan, M. Sefri Masdian, yang ditandai dengan penyematan tanda pelatihan water rescue.

Pada kesempaatan itu, Sefri Masdian menjelaskan, dalam pelatihan water rescue ini para peserta akan diajarkan teknik-teknik menolong korban saat terjadi bencana.

Sehingga diharapkan, dalam pelaksanaanya ketika terjadi bencana atau operasi SAR, pihak terkait dapat bersinergi bersama-sama untuk melakukan pertolongan. 

“Bukan hanya water rescue, kita juga sudah melaksanakan pelatihan vertical rescue. Kita juga harus memahami bahwa bencana itu bukan hanya di darat, tapi di air juga,” ujarnya.

Mengingat seringnya terjadi bencana alam yang memakan korban di musim penghujan ini, Sefri juga menyampaikan, pentingnya ilmu dan kemampuan yang harus dimiliki oleh tim penyelamatan.

“Untuk menyelamatkan korban, modal keberanian saja tidak cukup. Pernah kita mendengar, terjadi musibah orang tenggelam, yang mencoba menyelamatkan, ikut juga menjadi korban,” katanya.

“Jadi, dalam menolong korban, keberanian harus di iringi kemampuan atau teknik penyelamatan, selain juga peralatan penyelamatan yang standar,” tambah Sefri.

Maka dari itu, Sefri meminta agar para peserta bisa memanfaatkan pelatihan tersebut dengan sebaik mungkin.

“Kami berharap, semua teman-teman yang melakukan pelatihan tolong ikuti secara serius. Karena ini sangat bermanfaat, bekal kita dalam pelaksanaan tugas,” ungkapnya. (ptm)