Katibung,Nusantara-online.id,-Pemerintah desa karya tunggal (Pemdes) salurkan dana bantuan langsung tunai (BLT DD) Miskin Ekstrim Tahun 2024.

Ada sebanyak 46 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapat bantuan BLT DD.Terdiri dari Lansia,Janda jompo,penyandang disabilitas dan warga yang tidak memiliki penghasilan tetap.

Penerimaan bantuan secara simbolis dihadiri pendamping lokal desa (PL) Dan PD desa.penyerahan bantuan dipusatkan dikantor desa karya tunggal,Kecamatan Katibung Lampung Selatan.Pada Kamis 4 April 2024.

PLT Kepala Desa Karya Tunggal Muhamad Yusuf melalui Sekretaris Desa Karya Tunggal Suyatno mengatakan, Bantuan BLT DD Desa semoga bisa membantu ekonomi warga tidak mampu yang tidak mempunyai penghasilan tetap,”kata Suyatno Saat diwawancarai sejumlah Wartawan,Jumat (5/04/2024).

“Penerima,kebanyakan lansia,janda jompo,ada juga penyandang disabilitas,bahkan ada warga yang terkena stroke,”terangnya.

Bantuan disalurkan langsung tiga bulan,sebesar Rp.900 ribu,per 1 keluarga penerima manfaat.

Jadi pemdes karya tunggal memgelontarkan dana sebesar Rp.41.400.000 (Empat Puluh Satu Juta Empat Ratus Ribu Rupiah),”Bebernya.

Sementara itu Lanjut Suyatno Sekdes,penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Atau Warga penerima PKH tidak bisa menerima bantuan BLT DD desa.

“Jadi tidak semua warga mendapat bantuan BLT DD,Enggak boleh ganda atau double,karena semua itu terdata dan bisa dikroscek,semua ada datanya,”tandas dia.

Sekdes Suyatno berpesan dengan adanya bantuan BLT DD Desa semoga bisa membantu masyarakat yang berekonomi lemah.miskin ekstrim.Terlebih penerima bantuan banyak warga lansia.

“Untuk diketahui bantuan secara bergulir,Satu tahun 12 Bulan namun penyalurannya sekaligus tri wulan penyerahan,”jelasnya lagi.

Untuk tahun ini penyerahan memang dibulan puasa memasuki hari raya idul fitri 1445.H/2024.sekarang sudah H-5.setidaknya warga terbantu dengan adanya bantuan BLT DD dari Alokasi dana desa Tahap 1.”tandasnya lagi.

Reporter:Hendra

Editor:Roro Selendang Sutera