Katibung,Nusantara-online.id,-Sejumlah Tokoh masyarakat Adat Lampung,dikatibung Lampung Selatan,terus melakukan Pembenahan bertujuan untuk menjaga dan melestarikan seni budaya adat lampung di bumi lampung tercinta ini.

Giat tersebut dipusatkan di dusun manunggal Desa Babatan, Kecamatan Katibung,Lampung Selatan.Pada Sabtu 20 April 2024.

Sebelum acara sambutan dimulai,Muli Mekhanai lampung tersebut menampilkan tari adat Lampung dan picak Lampung sebagai pembukaan dan tanda kehormatan kepada para tokoh adat yang ada dikatibung.

Hadir Abas gelar Pangeran Suhunan Sampurna Jaya kepala marga adat Sai batin Katibung, Temenggung Jaksa tanjung Khusia 1, Temenggung Paksi marga tanjung Khusia 2, Panglima elang berantai marga raja basa, panglima singa Mulya marga Katibung dan seluruh punggawa adat Sai batin Marga Katibung.

Panglima elang berantai marga raja basa dalam sambutanya mengatakan pentingnya membangun dan melestarikan kembali adat istiadat tata titi adat Lampung khususnya yang ada di marga katibung Sai batin Tanjung Khusia 1 dan 2.”Tabik pun Tabik Tabik Tabik,”ucap Panglima Elang Berantai Marga Katibung di Sela-sela Acara.

”Kami khususnya marga adat Sai batin dari raja basa sangat mendukung pembenahan yang ada di marga adat Sai batin di katibung,”‘ulasnya lagi.

Panglima Elang Berantai berharap,seni budaya adat lampung dibumi lampungku,tata titi budaya harus tetap hidup dan muncul kembali,khususnya di Tanjung Khusia 1 Dan 2.

“Rapatkan Barisan,Terus semangat,kita lestarikan seni budaya adat lampung ini,”tandasnya.

Dilokasi Yang Sama,Abas Gelar Pangeran Suhunan Sampurna Jaya kepala marga adat Katibung Sai batin yang ada di Katibung berpesan kepada Para Pemuda Pemudi sebagai generasi penerus tanamkan pelestarian adat dan harus lebih membangun warna adat Sai batin Marga Katibung khususnya yang ada di tanjung Khusia 1 dan 2 di manunggal desa setempat.

“Mari kita tanamkan yang Sungguh-sungguh warna adat istiadat budaya kita Lampung sangat lah penting”.Jelas Abas Gelar Pangeran Suhunan Sampurna Jaya di tengah seluruh punggawa adat Sai batin Marga Katibung.

Sementara itu Temenggung Jaksa tanjung Khusia 1 marga Katibung mengucapkan terimaksih atas dukungan akan di munculkan nya kembali adat istiadat yang ada di tanjung Khusia 1 dan 2 di manunggal khususnya Sai batin ini.

“Terimaksih saya ucapkan atas dukungannya terhadap pembenahan khususnya marga adat Katibung Sai batin yang ada di tanjung Khusia 1 dan 2,”Mudah-mudahan dalam di gelarnya pembenahan ini menjadi tugas kami kedepannya sebagai kepala adat yang ada di tanjung Khusia,”kata Temenggung Jaksa tanjung Khusia 1 yang juga mewakili tanjung Khusia 2.

Reporter:Hendra

Editor:Roro Selendang Sutera