Katibung,Nusantara-online.id,-Sebelum lebaran tiba,sebelum gema takbir berkumandang,Pemerintah desa sidomekar salurkan dana insentif kepada guru ngaji,Linmas,ibu pkk berikut gaji kepala dusun (Kadus).

insentif atau uang pemghargaan dari desa sebagai wujud sinergitas kerja,aparatur desa untuk menjaga desa dan memajukan desa.

Pembagian dana insentif secara langsung diserahkan oleh pemerintah desa di desa sidomekar,Kecamatan katibung,Lampung selatan,Jumat 5 April 2024.

Sebelum lebaran tiba,sebelum gema takbir berkumandang terlihat para ibu-ibu pemberdayaan kesejahteraan keluarga (Ibu PKK) terlihat sumringah mendapat dana insentif sebesar Rp.250.000 ribu.

Hal yang sama dirasakan Linmas dan sejumlah guru ngaji.berbeda dengan kepala dusun menerima gaji 2 bulan pencairan.

Insentif ibu PKK ,Rp.50 ribu dibayar 5 bulan sekaligus.guru ngaji, ada 23 orang.terdiri dari masing masing dusun.berbeda dengan insentif linmas (Perlindungan Masyarakat) menerima insentif perbulan Rp.100 ribu,ada 19 0rang.aparatur 17 orang dengan insentif yang sama.berbeda dengan 10 kepala dusun menerima gaji Rp.2.020.000.”Kata Kades Suparyanto Saat diwawancarai diruangan kerjanya,pada jumat sore(5/04/2024).

“Jadi untuk insentif ibu PKK Rp
50 ribu,Linmas,100 ribu,Aparatur berbeda dengan gaji kepala dusun,”jelasnya.

Terkait gaji kepala dusun sementara diberikan 2 bulan untuk sisanya menyusul secepatnya.insentif dan gaji dari alokasi dana desa tahap 1 tahun 2024 .

Suparyanto kades menambahkan guyub atau gotong royong bersama didesanya giat rutin dilakukan ,kemarin kita bersih bersih menyambut hari raya idul fitri 1445 H/2024.

Sementara terkait ronda disepuluh dusun gencar aktif setiap malam,mengingat pernah ada pencurian sepada motor dan mesin sanyo air milik warga setempat.

“Jadi ada yang pernah kehilangan motor dan mesin sanyo punya masyarakat.Dan itu sudah dilaporkan keaparatur desa,kejadian sudah lama,”ungkap dia.

Untuk perlindungan masyarakat (Anggota Linmas) selalu monitor menjaga lingkungan yang ada disepuluh dusun.giat ronda,gotong royong sebagai wujud apresiasi desa memberikan insentif atau penghargaan kepada anggota linmas.

Terkait angka kriminalitas,seperti pencurian dan lain lain di wilayah desa (angka kriminal) menurun tidak seperti yang sudah-sudah.ada pencurian motor dan mesin sanyo air.

“(Aparatur) desa tetap berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas desa,Babinsa desa,”tandas Supar sapaan akrabnya.

Sementara hari ini pemerintah desa (Pemdes) sidomekar fokus pada giat pembagian BLT DD Miskin Ektrim.

Reporter:Hendra

Editor:Timotius